lenovo a369i


Saya sangat menyukai acang terutama ponsel. Mungkin terdengar lebay tapi saya merasa hidup saya hampa tanpa ponsel. Karena itu saya sempat amat sangat terpukul ketika ponsel kesayangan saya, evercoss a7s edisi hellokitty, lenyap dari kamar saya. Tak bisa berlama-lama tanpa ponsel saya pun membeli penggantinya. Dengan terburu-buru saya membeli Lenovo a369i. Pertimbangan saya ketika memilih a369i ini hanyalah karena sudah ber-OS jellybean 4.2.2 dan besaran fisik maupun harganya kira-kira tak jauh beda dari evercoss a7s.

Lenovo a369i ini layarnya 4 inci dengan resolusi 480×800 pixels. Kualitasnya standar saja, masih cukup enak dilihat. Namun sayang sepertinya ada masalah dengan sensor sentuhan layarnya, untuk digunakan mengetik cepat kurang enak karena sering terjadi salah pencet. Mengganti keyboard dengan menginstall keyboard virtual buatan pihak ketiga tak terlalu membantu bila tetap memilih susunan keyboard qwerty. Saya terpaksa memilih keyboard dengan layout numerik seperti pada ponsel-ponsel jadul agar bisa mengetik tanpa banyak membuat kesalahan. Untuk menggambar sketsa dengan aplikasi macam sketchbook mobile juga layar a369i ini kurang enak. Untuk menarik garis kadang terputus atau melenceng dari yang seharusnya.

Dari segi software tampilan UI lenovo di atas jellybean 4.2.2 standar sepertinya makin bagus dibanding lenovo lain yang pernah saya pakai sebelumnya yaitu s880 dan a690. Launcher bawaan lenovo ini bila telah kita update sendiri akan terdapat beberapa tambahan fitur yaitu bisa mengunduh tema-tema lain, bisa menginstal berbagai lockscreen dengan animasi yang lucu dan menarik dan masih ada beberapa tambahan lain yang umumnya bersifat kosmetik. Dengan prosesor MT6572A\W 1.3 GHz Dual Core, ram 512 MB, dan memory internal 4 GB tak ada kendala berarti ketika menjalankan berbagai aplikasi standar. Game-game standar seperti subway surfer dan temple run berjalan mulus tanpa lag. Namun entah kenapa beberapa aplikasi jejaring sosial (yang sudah saya coba Path dan Instagram) tak bisa diinstal melalui playstore, selalu ditulis tidak kompatibel dengan perangkat. Namun kita tetap bisa menginstal aplikasi-aplikasi tersebut dengan mengunduh apk-nya dari sumber-sumber lain dan berjalan mulus.
Lenovo a369i ini sepertinya tak dibenamkan GPS didalamnya. Dia hanya dapat mendeteksi lokasi berdasar jaringan operator. Saya curiga ketiadaan GPS ini yang menyebabkan banyak aplikasi berbasis lokasi dikatakan tidak kompatibel oleh playstore.
Baterai a369i berkapasitas 1500mAh untuk penggunaan saya sehari-hari (network 3g selalu nyala/gantian dengan wifi) rata-rata bertahan sekitar 14 jam-an.
Untuk urusan multimedia lenovo a369i ini memang terkesan seadanya saja. Camera 2 megapixels-nya hasil jepretannya bisa dibilang jelek sekali. Dibanding dengan camera ponsel jadul semisal SE k770 pun kalah jauh. Keluaran suara bila diperdengarkan dengan speaker-nya pun tidak bagus, bila volume disetel agak kencang sedikit suara langsung pecah.
Di luar spesifikasi standar tersebut di atas lenovo a369i cukup mudah untuk di-root menggunakan aplikasi framaroot yang memudahkan untuk mengopreknya lebih lanjut.
Kesimpulan saya tentang lenovo a369i ini sebetulnya pada umumnya cukup memuaskan, sesuai dengan harganya yang sekitar Rp 999.000,00 saat saya beli. Namun jeleknya hasil kamera sedikit mengganggu kepuasan menggunakannya. Mungkin saya agak lebay namun bila dibandingkan dengan evercoss a7s yang harganya hanya sedikit lebih mahal (saya beli Rp 1.085.000,00) kamera lenovo a369i sangat tertinggal jauh sehingga ada sedikit rasa tak puas.

16 thoughts on “lenovo a369i

  1. cara download pathnya gimana? tujuan beli android pengennya bisa nggunain path. sudah terlanjur beli tenyata gak kompatibel. Jungkir balik nyesel setengah hidup deh akhirnya…

  2. tepat sekali bung, kameranya buluk dan speakernya mendem. tapi ya sesuai seperti pepatah jawa “ono rego ono rupo”, A369i cukupan lah. Tapi saya tetep kangen galaxy tab saya😦

    • saya pake a369i ini cuman betah sebulanan. setelah itu saya beli lagi cross/evercoss a7sπŸ˜€
      dengan harga kira-kira sama kamera dan performa jauh lebih ok daripada a369πŸ˜€

  3. Hahah . path dan instagram di a369i saya bs . resolusi kamera saya pakek cusrom xperia gaijin mantapppp . qwerty g jd mslh .πŸ˜€

  4. ane pake a369i hasil jepretan selalu blur..jepretny harus bener2 ga ada gerakan/goyangan (kalo trus menerus merepotkn juga). Bisa diakalin ga ya settingannya spy ga gampang blur?.thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s