samsung galaxy5 i5503


Dari bentuk fisik sebetulnya si galaxy5 ini terkesan kurang ekslusif karena terlalu mirip dengan corby touch yg juga sudah banyak memiliki kembaran seperti lindy, genoa dsb. namun mengingat segmen target market-nya yg cenderung menengah bawah sih jadi tak bisa mengeluh. sebetulnya bentuknya gak jelek2 amat sih, tak terlalu besar atau terlalu kecil. ukurannya cukup pas bagi saya pribadi. satu-satunya yg bisa saya keluhkan adalah permukaan badan ponsel yg seluruhnya glossy dan sangat rentan kotor akibat sentuhan jari.
Dari segi layar juga menurut saya sih cukup pas, meski banyak review yg mengatakan layarnya terlalu kecil. warna lumayan tajam dan bening meski hanya ber-resolusi 240×320 pixels. cukup mudah bagi jari2 saya utk mengetik dg papan qwerty virtual maupun utk me-navigasi dalam menu-menu. adanya fitur swype sangat membantu dalam mengetik namun utk orang yg terbiasa mengetik dlm singkatan2 rasanya agak kurang berguna.
homescreen terdiri dari 7 layar yg bisa dipersonalisasi dg berbagai widgets, baik widgets android maupun bawaan samsung, lalu latar belakang bisa diganti dengan berbagai wallpaper termasuk live wallpaper yg menarik tp menguras baterai. sebagai pemula dalam penggunaan ponsel ber-OS android saya tidak berani terlalu berkomentar tentang OS-nya. namun menurut pendapat pribadi dalam mengeksekusi berbagai menu dan aplikasi si galaxy5 sudah lumayan cepat. kadang terjadi lag berupa layar hitam singkat biasanya terjadi sehubungan dengan sinyal jaringan operator yg naik turun.

aplikasi bawaan yg terinstal relatif minimalis. tapi hampir semua yg berhubungan dg layanan google sih sudah lengkap seperti gmail, gtalk, gmaps, dan youtube. email dg google sangat mudah. hampir semudah sms. apalagi bila mobile data network always on, email akan  masuk ke ponsel scr realtime spt layaknya sms. aplikasi klien ke situs2 social networking macam facebook dan twitter belum terinstal meski bisa dapat diunduh dengan mudah via android apps market. sebagai pengguna baru saya sempat mengalami histeria dalam mendownload, menginstal dan meng-uninstall aplikasi yang sedemikian banyak dan menarik utk dicoba.berikut bbrp aplikasi android yg kini ter-install di galaxy5 saya :
-twitdroyd : klien utk mengakses twitter. fiturnya cukup lengkap: url shortening, twit longer, upload photo, retweet dg comment dll

-facebook for android

-twitter for android : app resmi twitter utk android. meski jarang saya pakai tetap tdk di-uninstal😛

-twitplus : semacam plugin utk menambahi fitur twitter for android,namun saya tdk mengerti kenapa saya tdk melihat efeknya :))

-tubedroid : untuk mengunduh video dari youtube

-trackbooster : untuk mempercepat kinerja gps

-ping!chat : chat yg always on antar OS android, iphone dan BB

-ebuddy for android : app chat multi akun

-photovault : utk menyembunyikan foto2 pribadi. ehem…😛

-ringdroid : untuk memotong file lagu utk dijadikan ringtone

-battery boost : meningkatkan ketahanan baterai

-speedtest : mengetest kecepatan internet

-operamini for android : browser alternatif selaen browser bawaan

– scan2pdf : memanfaatkan kamera ponsel ut membuat pdf

-docs2go : melihat dan mengedit file2 word, excel dll

-mytumblr : app client tumblr

-plurq : app clien plurk

-astro : filemanager & explorer

-advanced task killer : utk menutup apps yg sedang berjalan

dan beberapa apps client lainnya spt wordpress, yahoo messenger, yahoo mail,go!chat(chat fb),foursquare dll.yang jelas dari segi fitur2 online sebuah ponsel ber-os android memang sangat menyenangkan. apps client utk berbagai situs tersedia di market.
dari segi multi media samsung galaxy5 cukup lengkap. ada kamera 2mp yg hasil jepretannya biasa aja. lalu music playernya menghasilkan suara yg menyenangkan bila didengar via headset. oya ada colokan headset 3.5mm yg sangat memudahkan utk berganti headset.ada gps meski agak lambat dalam menentukan lokasi. wifi juga tersedia sbg alternatif koneksi internet.
lalu apakah produk ini tanpa kekurangan? salah satu kekurangan fatal yg saya rasakan adalah kemampuan baterainya. meski banyak teman yg memakai ponsel ber-android juga mengeluhkan hal yg sama. sangat disayangkan sebuah ponsel yg mengedepankan kemampuan untuk online tidak didukung kemampuan baterai yg memadai sehingga saya selalu dihinggapi rasa waswas krn baterai yg cepat sekali terkuras energinya. oya satu lagi kelemahannya adalah memory internal yg hanya sekitar 170-an mb, sementara android versi 2.1 yg diusungnya memaksa kita untuk menginstal aplikasi2 ke memory internal yg relatif minim tsb.

8 thoughts on “samsung galaxy5 i5503

    • Utk sementara dg versi android nya yg 2.1 sptny begitu. Kurang tau klo yg dah dioprek mgkn bisa. Tp klo dah keluar upgrade ke android froyo sih bakal bisa tuh🙂

  1. Agan pake galaxy 5 ini? Gimana gan? Kan layarnya kecil, kira – kira ada kesulitan gak dalam mencari aplikasi yg cocok untuk Galaxy 5? Marketnya sudah ada gan?

    • market nya ya ada lah. utk aplikasi si ga begitu ada masalah y yg disebabkan low res. yg agak susah si di games. krn game rata2 dibuat utk res yg lbh besar dari res g5

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s