nokia e63


Nokia e63 cukup mendapat tempat di hati pengguna ponsel Indonesia. Hal ini terbukti dari ramainya berbagai thread tentang e63 di situs-situs forum lokal.
Saya sendiri baru tertarik untuk menggunakannya setelah harga barunya anjlok hingga lebih ramah bagi kantong. Saya memilih e63 dengan warna casing putih. Bagian belakang alias penutup baterai agak doff sehingga nyaman dipegang. Permukaan keypad-nya juga agak kesat, enak untuk dipergunakan. Bagian casing-nya yang glossy hanyalah sekeliling layar dan frame di seputar keypad.
Layar berukuran diagonal sekitar 2.4incian menampilkan isi menu ponsel dengan baik, bahkan ketika ponsel digunakan di bawah sinar matahari, hanya warna-warna obyek di layar terlihat pucat, tapi semua teks bisa terbaca jelas tanpa masalah. Untuk fitur-fitur masih standar saja, beberapa di antaranya :
-kamera 2 megapixels dengan lampu flash yang tangkapan gambarnya tidak begitu memuaskan, namun cukup lah untuk sekedar berfoto narsis lalu diunggah ke situs jejaring sosial.
-music player bawaan yang entah kenapa keluaran suaranya bagi telinga saya sangat menyedihkan. saya bandingkan dengan mp3 player ex-china dengan merk ‘tak jelas’ pun masih di bawah mp3 player tersebut.
-adanya audio port standar 3.5mm, namun sayang dengan performa music player yang mengecewakan fitur ini jadi sedikit mubazir.
-support jaringan 3g, tapi belum 3.5g, namun tanpa dilengkapi kamera depan untuk video call.
-adanya wifi, lumayan berguna untuk ber-internet-ria di tempat ber-hotspot gratis😀
-keypad qwerty (tentu saja, hehe)

Salah satu kekuatan e63 di luar fitur-fitur di atas adalah adanya OS terbuka yaitu symbian 3rd edition (saya masih bisa menginstal bbrp aplikasi symbian yg dulu saya pakai di nokia e50 maupun 6120classic, tentunya setelah menyetting mundur tahun pada settingan jam ponsel agar ketika menginstall tdk muncul notifikasi ‘certificate expired’). Namun kini dengan prosesor yang lebih ‘powerful’ hingga tak lagi banyak mengalami kelambatan ketika mengakses menu dan berbagai aplikasi. Seperti pada umumnya handset ber OS symbian, ada banyak aplikasi baik gratisan maupun berbayar yang bisa diinstall ke dalamnya. Namun karena kini utamanya masih juga dilanda demam situs ‘social networking’ kali ini saya akan lebih menyoroti aplikasi yang berfungsi untuk mempermudah akses ke situs-situs tersebut.

•Yang pertama adalah aplikasi facebook yang dikeluarkan oleh nokia sendiri. aplikasi ini dapat diunduh via ovistore. Sebetulnya aplikasi ini bertitel ‘facebook for nokia e71/e72
tapi nyatanya bisa pula diinstall dan dijalankan di e63. Aplikasi ini masih sedikit lemot ketika digunakan, namun hal ini tergantung juga kekuatan sinyal operator yang digunakan. Fungsi-fungsi dasar facebook seperti komentar status teman, menulis di status teman dan lain-lain bisa dilakukan. mengunggah foto lalu men-tag nya juga dapat dilakukan dengan mudah. Salah satu kelemahan aplikasi ini selain ‘lag’-nya dalam pengoperasian adalah tidak adanya notifikasi seperti bila ada teman mengomentari status kita dan lain-lain.
•Snaptu. snaptu adalah aplikasi berbasis java, jadi sebetulnya tidak dikhususkan bagi ponsel symbian. snaptu ini bukan hanya aplikasi client untuk fesbukan semata tapi juga twitter dan berbagai situs lainnya seperti situs berita, cuaca dll. Client fesbuknya sudah dilengkapi notifikasi dan dapat melakukan fungsi-fungsi dasar fesbuk lainnya kecuali mengunggah foto. Aplikasi twitternya juga sudah cukup lumayan untuk penggunaan sehari-hari meski lagi-lagi minus kemampuan unggah foto.
*tweets60. aplikasi klien utk twitter ini bisa diunduh dari ovistore langsung dari e63. versi yg bisa diunduh gratis sedikit minimalis bahkan dibanding snaptu hingga bbrp kali saya meng-install-nya pada akhirnya selalu saya uninstall lagi.
*gravity. ini adalah aplikasi klien untuk berbagai situs jejaring sosial meski ‘jualan’ utamanya adalah twitter. sebagai twitter-client aplikasi ini cukup mumpuni, dengan tampilan menarik dan mudah dipahami. Fiturnya juga cukup lengkap hingga bisa autorefresh per jeda waktu yg bisa kita tentukan sampai mengunggah foto ke twitpic, posterous dsb. sayang aplikasi ini tidaklah gratis, namun anda bisa mencoba versi demonya yg bisa diunduh dari ovistore.
*socially. aplikasi ini bisa diunduh gratis dari ovistore maupun beberapa situs lain. socially ini menyediakan applikasi klien utk fb, twitter dan linkedin. secara tampilan biasa saja dan pengoperasian di e63 agak lemot. kelebihannya adalah kemampuan untuk menampilkan update status teman-teman dari jejaring sosial di layar standby. selain itu aplikasi ini juga bisa mensinkronkan kontak di facebook maupun twitter dengan isi phonebook kita.

One thought on “nokia e63

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s