samsung GT E2120


Pertama kali melihatnya, orang pasti cenderung mengira bahwa samsung GT E2120 adalah sebuah ponsel kelas bawah biasa yang tak memiliki fitur apapun kecuali sekedar bertelpon dan ber-sms-ria. Bentuknya memang sederhana, batangan biasa tanpa sudut-sudut aneh. Sentuhan warna merah pada puncak dan ujung bawahnya sedikit memberi aksen. Saat kita menyentuhnya dalam genggaman baru terasa sedikit sensasi menyenangkan yang disebabkan adanya semacam tekstur macam sisik ikan pada sekujur permukaannya yang sepintas tampil licin glossy.

Layar samsung E2120 bisa dibilang sangat mini untuk standar ponsel masa kini, dengan resolusi hanya 128×128 pixels dan jenis layar CSTN, tampilan layarnya memang terlihat agak pucat. Walaupun begitu samsung agaknya selalu bisa menyiasati kekurangan secara spek itu dengan tampilan tema dan pengaturan kecerahan maupun kontras layar hingga tampilan menunya masih terlihat cukup menyenangkan untuk dipandang.

Keypad samsung E2120 terbuat dari bahan semacam karet, yang pada awal penggunaan terasa sedikit keras saat ditekan. Namun seiring berjalannya waktu keypad ini menjadi lumayan enak untuk digunakan, agak terbantu oleh ukuran dan bentuknya yang menonjol.

Masuk ke daleman saat menekan tombol di tengah navigasi empat arah yang muncul adalah music player bukannya menu utama seperti pada ponsel lain pada umumnya. Menu utama tampil dalam bentuk ikon-ikon yang tersusun dalam grid 3×3. Tak ada yang menonjol. Ikon-ikon simpel namun tetap menarik dan jelas secara fungsional.

Fitur-fitur yang ada sebetulnya juga tak ada yang benar-benar ‘wah’, tapi dengan harganya yang relatif murah (499 ribu rupiah pada saat saya beli), kelengkapan fiturnya sudah lebih dari yang saya harapkan.

Di sektor perpesanan sudah cukup lengkap dengan adanya sms, mms dan email. Email-nya sangat mudah digunakan. Untuk memudahkan men-setting email sesuai yang digunakan user sudah terdapat setting wizard untuk berbagai akun yang sering digunakan seperti gmail dan yahoo mail.

Di bagian multimedia ada kamera dengan perekam video dan editor foto, music player, radio fm yang bisa direkam dan dukungan memory eksternal micro sd. Kamera tentu saja baru berresolusi VGA dengan hasil tangkapan gambar yang biasa saja. Music player-nya juga sebetulnya fiturnya biasa saja. Bahkan saya sempat kebingungan pada awal pemakaiannya, karena si music player tidak mendeteksi kumpulan lagu berformat mp3 yang telah saya salin ke dalam kartu memori. Ternyata saya harus menambahkan secara manual lagu-lagu yang saya inginkan ke dalam satu playlist sebelum bisa mulai memainkannya. Walau sedikit repot namun kekesalan saya terbayar dengan kualitas keluaran suara yang dihasilkan music player dan diperdengarkan melalui handsfree stereo yang disertakan dalam paket penjualan samsung E2120. Kualitas suara radio fm-nya juga sama keren-nya dengan music player-nya.

Lalu fitur apalagi yang layak untuk dibahas yang terdapat dalam samsung GT E2120?Adanya dukungan aplikasi java sangat membantu bagi orang-orang yang hobinya menginstal berbagai permainan dan aplikasi seperti saya. Hehehe. Memang tidak semua aplikasi dan permainan berbasis java bisa diinstal dan dimainkan dengan baik di ponsel ini, namun ketika saya coba menginstal opera mini versi 4.2 bisa berjalan dengan cukup lancar dan tidak ‘lemot’ sama sekali seperti pernah saya coba pada ponsel ‘bermerk’ lain yang berharga sama. Browser tambahan buatan pihak ketiga macam opera mini menurut saya adalah salah satu aplikasi yang wajib diinstal karena browser bawaan ponsel ini, seperti juga kebanyakn browser bawaan ponsel lain, amat minim fitur dan kemampuan.

Di samping berbagai fitur tersebut di atas, satu kelebihan samsung E2120 adalah kekuatan baterainya. Dengan daya 1000mAh dan layarnya yang mini membuat baterainya bisa bertahan rata-rata 3 harian dengan pemakaian music player, radio dan gprs (untuk browsing dan chatting) yang relatif banyak. Cukup lumayan untuk mendukung citranya yang sepertinya oleh samsung digambarkan sebagai ponsel musik murah.

52 thoughts on “samsung GT E2120

  1. Oke mas aku juga udah beli nih, mantap ya dgn harga segitu, mo nanya nih aplikasi chating facebook pake apa ya biar bisa jalan di nih hape…
    soalnya kalo lebih dari 150kb aplikasi gak bisa beroprasi mas…

  2. kalo utk chat fesbuk bisa cobain bombus. ni aplikasi ada berbagai versi jd cari aja yg besaran filenya kira2 gk tlalu gede. oya utk pake aplikasi ini kamu jg harus dah punya akun nimbuzz dan fbmu dah tersetting di akun nimbuzzmu itu. soalny bombus ini emg pake akun nimbuzz jd mgkn bisa dibilang bombus ni aplikasi versi ga resminya nimbuzz kali ya? hehe

  3. Aq juga punya, yang aq heran kemarin aq sempat download MINI OPERA, tetapi setelah beberapa hari dipake’, eh udah gak bisa dan keluar tampilan error : “UNABLE TO LAUNCH JAVA GAME”

    Ada yang tau nggak napa ?

    • yup, bener emang biasanya aq langsung keluar tanpa menekan exit, tapi pas aq restart sampe’ aq lepas baterainya, tetapi kok tetep ya …. ?

      napa ya .. please …
      any idea …

  4. @ ediku : oh, kalo itu mungkin krn pernah keluar dari satu aplikasi java dgn menekan tombol end call dan tidak melalui exit di menu si aplikasi. coba aja restart dulu e2120-nya biasanya abis itu normal lagi. cuman satu lagi kekurangan opmin di e2120 tiap kali abis mematikan ponsel, biasanya si opmin suka gagal konek dan bilang setting jam salah,, tp stlh kita rubah setting jam di e2120 dari tampilan 12hours ke 24hours biasanya opmin akan bisa konek lagi😀

    • ak juga ngalamin hal sama. unavailable connect java gitu.. emang sih kadangan kalo ak keburu2 emang ak end call aja,, udah aku reset, tapi tetep aja gak bisa launch, malahan sekarang gak bisa booting (cuman muncul logo e2120 gtu tok, gak bisa msuk, tapi juga dak bisa d matikan)… ini kenapa ya?

  5. aku udah nyoba pake bombus bisa konek, tapi begitu masuk liat pesan PV mo kembali ke menu awal ga bisa.? hp ga bisa disconnect, harus dimatikan paksa.
    Nimbuzz bisa diinstal tapi kug test conect terus ea, ga bisa masuk..

  6. kao ga salah maksimal file yg bisa diinstal 300kb. Bombus aku 260kb
    Hm.. bombus udah lancar, cuma tampilane bener2 mini, hehe. tadi aku coba lagi t’nyata cuma butuh kesabaran. karena hp sedikit lemot

    Nimbuzz’y nyerah deh.. gagal. Sapa yg punya tips’y bagi2 ya.

  7. memang pembatasan maksimal aplikasi java agak menyebalkan. tapi lumayan lah utk hape seharga itu. oya kalo mau chat ym aja (multi akun) bisa coba shmessenger, keknya ga selemot yg lain. tp ya itu adanya cmn ym dan gtalk klo ga salah.

    • Kalau mau setel video gimana caranya karena setelah saya konversi ke 3GP keluar pesan format tidak didukung
      Kalau fasilitas screen saver ada ngak di HP ini yah?
      Kalau pakai kabel data apa aja asal merk Samsung dan USB bisa ngak?
      Please help!

  8. Saya jug sangat puas dengan fiturnya. Kekurangan yg sangat mengganggu adalah music player yg ga bisa diminimize padahal radio fm bisa. Apa ada yg bisa ngakalin?

  9. Hi smua, bisa tlg aku ga? Kmaren teman nyobain MSD (memori) di hp aku, pas dinyalakan hp jd gak bisa booting cuma layar dg logo gt-e2120 trus nyala-mati alias layar hanya berkedip2 pd logo tdk sampai masuk kesistem, bahkn stlah MSD di cabut tetap bgtu. Apa itu kena virus atw ada cara hard resetnya??

  10. Hi smua, bisa tlg aku ga? Kmaren aku mo ngecharge batre hp aku, pas dinyalakan hp jd gak bisa booting cuma layar dg logo gt-e2120 trus nyala-mati alias layar hanya berkedip2 pd logo tdk sampai masuk kesistem, bahkn stlah MSD & batre di cabut tetap bgtu. Apa itu kena virus atw ada cara hard resetnya?? tolong y d balas secepatnya

  11. Memang kayaknya ini kelemahan dari Hp ini saya juga ngalami ngehang cuman keluar logo doangan dan harus dibawa ke service center padahal belinya belum ada 2 bulan
    Akibatnya data-data hilang blas kesel banget
    Mestinya kalau HP cacat jangan dijual ya ngak ditarik donk jangan bikin korban konsumen, rada nipu nih ya ngak?

  12. utk permasalahan hp tdk bisa dinyalakan dan berhenti di logo sptnya memang cacat produk, saya sendiri mengalaminya. Solusinya bawa ke samsung service center. e2120 saya skrg udah bisa nyala lagi,, menurut customer servicenya sih e2120 saya diganti mesinnya.

    • Cacat produk dijual mestinya ditarik bukan buat bohongin consumen,diganti mesin juga ngak jelas apa beneran baru atau rekon ya ngak?

  13. iya sya jg sudh lama pengen nanya..kok ga da blutut’y yae..pdhal d iklan’y kan ade..trus gmana?, mau pake kbel dta..eh ga da jg!, sya sdikit kcewa.. Mohon minta solusi’y.

  14. babi ini hape,

    baru beli 2 bulan
    udah nge hang lagi……….

    HAPE PRODUK GAGAL INI,

    JANGAN BELI RUGI
    MENDINGAN BELI HAPE CHINA
    NYESEL BANGET GUWE BELI HAPE SAMSUNG INI.
    SETAN

  15. wah memang bener ini hp, masalah yang sama terjadi dengan sama. HP ke bawa mode disco alias blank blink saja saat booting. Baru 7 bulan sudah seperti ini, bgmn klo sampai 9 bulan 10 hari,,,🙂

    • Sekedar info aja, e2120 saya stlh menurut SCS samsungnya sudah diganti mesin, sempat matot lagi alias berhenti di tulisan samsung gt e2120 pd saat booting. Dan utk k2 kalinya ‘dirawat inap’ di CSC samsung

  16. waduh…. baru beli 2jam yang lalu koq dpt crita ngeri gni. niatnya B200 tp nemu ni hp keliatan sexy, jd pindah kelain hati. t a p i ….. koq????
    Btw gmna dngan battrenya strong kya B200 ga ya? yang dah pake critain dnk.

  17. EMPET NIH HP E2120 uh……………. bikin kesel soriy neh gw juga penjual hp dan gw nyetok nih hp sam 20 biji dan kejual 12 biji weh dasar apes bnget dan gw make sendiri baru 3 lalu ane make udah disco nih hp dan baru hri ini konsumen sebagian pada ngeluh dateng ke conter katanya hp ini ngehank beh………………… sama lah wong gw sendiri aja make juga lg disco nih hp wah bakalan gw datengin neh dstr samsung hp gemblung dijual aja bikin malu !@#$%^&*(

  18. yah emang sptnya firmware bawaan e2120 banyak yg bermasalah. punya saya sndiri sih sejak setelah 2x masuk service center samsung di tomang sudah sempat bbrp kali restart2 lagi. untung blm sampe mati total…. sptnya samsung musti lebih ketat dlm mengetes FW ponsel2 keluarannya.

  19. Ya.aku pake samsung gt e2120.mp3 nya suka hang.msd 2gb sisa 300mb.kameranya ga bisa bunyi walopun dah di set on.sebel tiap cabut batere,di on in lg eh minta seting jam dan tanggal melulu.hp aneh ni.

  20. bener tuh….hpku kemarin habis disc dah bener baru smalem dah disco lagi…….sial……kalo dah bener harus buru2 dijual nih mending ganti hp cina skalian deh……

  21. lo kok saya pake ni hp ga ada masalah. atau mungkin firmware nya udah dibenerin, belinya Oktober brand new cuma 270rb. mungkin krn di paksain pake microSD 2gb jadi hang, seperti umumnya hp low end dan jadul jika dipasangin sesuai spek suka begitu, kalo bisa 2gb pasang yg 1gb aja. daripada hp lokal mending ini dong.

  22. @andre yah mgkn emg beruntung FW yg dah stabil. dan memang tergantung pemakaian juga. klo dipake cuman bwt sms ama nelp aja emg jarang ada masalah sih. tp bgtu instal2 java dll nah belum tentu hehehe

  23. solusi untuk yg udah terlanjur hape nya disco alias blank-blink dunk…bawa ke service centre kan biaya nya mahal?? klo di flash bisa kah?? makasih kakak…

  24. mo nanya nih ko setiap buka video hp nya langsung mati begitu ªjª.. knapa yah. nah udah itu hidup nya sulit baget dalam arti Ъ bisa hidup. ada hidup tapi hidup mati hidup mati..
    ada yang tau?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s