venera voyager v1


demam ponsel qwerty merajalela. kemunculan hape2 qwerty dengan harga terjangkau membuat semakin banyak yang ingin mencicipi keasyikan ber-qwerty-ria. saya pun tak lepas dari cengkeramannya. walau telah 2 kali mencoba ponsel qwerty murah (ht g30 dan g60) saya masih ingin juga mencoba merk lain yang juga murah.๐Ÿ˜€
kali ini saya mencoba venera voyager V1 yang di berbagai forum di internet diributkan kemungkinan v1 adalah jelmaan alcatel one touch tribe. saya tidak berani berspekulasi membenarkan atau menolak rumor tersebut. namun saya hanya ingin mencoba membahas beberapa hal yang membuat v1 menonjol di antara barisan ponsel-ponsel qwerty murah lain yang berasal dari negeri tirai bambu.

1. finishing body v1 lumayan rapi dengan material yang juga oke, dibanding g30 maupun g60 yang udah saya coba (g30 saya ‘ngelothok’ cat keypadnya dalam waktu hanya 3 bulan). udah gitu dipegang rasanya lebih mantep๐Ÿ˜€. tombol-tombolnya yang berbentuk seperti kapsul-kapsul walau sepintas terlihat mungil namun sangat mudah untuk dioperasikan. udah gitu sistem pengetikan nya juga lebih sistematis dibanding beberapa ponsel qwerty murah lain yang sudah saya coba. misal untuk mengetikan simbol tinggal tekan shift sekali, sesudah itu otomatis berubah fungsi alfabet/huruf lagi. kalo mau ngetik beberapa tanda baca berurutan atau beberapa angka tinggal pencet shift-nya 2 kali maka fungsi akan tetap di numerik dan simbol dsb. jauh lebih enak daripada di ponsel lain yang bila butuh simbol sesudah pencet shift, fungsi akan tetap di numerik dan simbol sampai kita tekan lagi shiftnya. udah gitu di display v1 ini terpampang lebih jelas mana fungsi yang sedang aktif, tidak seperti di ponsel lokal lain yang nggak jelas fungsi apa yang sedang aktif di tombol.
2. menu dan ui yang lumayan inovatif. lengkap dengan efek animasi transisi tiap membuka sub menu. menunya juga sangat mudah ditata ulangsesuai keperluan dan kesukaan pribadi. tampilan yang menarik nggak sekedar kosmetik seperti di kebanyakan ponsel qwerty murah lain yang penampilan menu utamanya aja dimirip-miripin dengan merk terkenal macam BB ato n*kia. firmware-nya juga sekilas rasanya lebih stabil. sampai saat ini saya gunakan V1 saya belum pernah mengalami hang atau nge-freeze atau malah suka restart mendadak seperti beberapa merk lain yang terburu2 dirilis. oya aplikasi java juga bisa dibuatkan shortcut untuk ditampilkan di desktop sehingga memudahkan kita untuk mengakses aplikasi tersebut.
3. browser bawaan jauh lebih mendingan dibanding ponsel2 lokal pada umumnya. terdapat pilihan setting yg lebih kompleks. sebagai sarana browsing darurat masih bisa lah digunakan. sebagai catatan saya sering kesulitan membuka facebook mobile di beberapa merk lokal lain, meski ponsel tersebut menyertakan shortcut facebook mobile dalam menu utamanya!
4. music player bener2 bisa menampilkan spectrum musik yang sedang kita mainkan dan juga dapat menampilkan info maupun album art file mp3. ponsel lokal lain yang sudah saya coba rata-rata cuman sekedar meniru tampilan player dari ponsel ber-merk, tanpa dapat difungsikan alias lagi-lagi sekedar kosmetik belaka!
5. image viewer dengan tampilan menarik ala carousel. ditambah lagi pada saat kita melihat image secara fullscreen, judul file dan segala icon lain perlahan menjadi semi transparan hingga akhirnya hilang sehingga image yang kita lihat tertampil tanpa diganggu judul dan icon2 tersebut. simple tapi sangat berguna dan menyenangkan.
6. java? lagi-lagi dibanding merk-merk lokal lain jauh lebih ok. walau masih belum benar-benar bisa multi tasking dalam artian menjalankan lebih dari satu aplikasi java sekaligus, namun kemampuannya untuk me-minimize aplikasi java sudah lumayan. yang paling menyenangkan tentunya aplikasi untuk chatting bawaannya alias palringo. bila sedang kita minimize dan ada chat masuk, maka di layar standby akan ada icon kecil yang memberitahu kita tentang itu. tetep : sederhana namun memudahkan dan menyenangkan (duh, iklan banget yah? hehehe)

aplikasi java yang bisa di-install juga sudah lebih luas dibanding ponsel qwerty murah lain. game-game besar (di atas 500kb) yg di ponsel murah lain terasa berta saat dijalankan atau malah tak bisa dijalankan sama sekali, bisa diinstal di v1.
7. adanya widgets di layar standbymemudahkan kita mengakses beberapa fitur. lalu ada rss reader yang bisa menampilkan berita2 muncul berjalan horisontal di atas label softkeys macam newsticker di metro tv. juga ada tampilan cuaca dari accuweather di layar standby.

apa lagi ya? mungkin pembaca ada yang bisa menambahkan lagi hal-hal menyenangkan (atau tidak menyenangkan) pada venera voyager v1???
silakan tulis sini and share with other readers.
thanks๐Ÿ˜€

9 thoughts on “venera voyager v1

  1. maap mas,
    ko parlinggo sya gak bsa trus yah?
    apkah krna card sya atw jangkauan sinyal dsb nya,
    dan d parlinggo, email apa yg hrus kita msukin,
    apakn email yahoo, atau facebook?
    sya udah coba 22 nya tpi ttap gak bs,
    thanks sblumnya…..

  2. untuk menggunakan palringo, kamu perlu daftar dulu di palringo. bisa sih sepertinya daftar langsung dari hape, tapi amannya si daftar dari pc aja….๐Ÿ˜€
    untuk daftar si perlu alamat email,, ane dah coba pake yahoo maupun gmail bisa kok

  3. kok v1 ku baru-baru ni gak bisa buka web (maksudnya icon web tu….). abis tu setiap buka opera slalu ja re-installing….padahal sebelumnya gak pernah gini…..
    gimana cara ngatasinnya?

  4. itu mungkin bro pernah keluar dari opmin dg paksa alias teken tombol merah/tombol off ya bro? kalo iya tu bakal gitu terus tu. kalo mau si deh master reset aja tp resikona smua data di memory internal keapus. jadi buat backup dulu di PC

  5. cara resetnya gimana mas? pernah pake tombol # dan power on scra bersamaan tapi kualahan hapenya jadi off. apa ada cara laen mohon info nya mas. di email ku saja. trim’s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s