K-touch v908


Sebenarnya aku bermaksud membeli K-touch A660 yang kubaca di beberapa forum disebut-sebut sebagai ponsel iphone wannabe. Hehehe. Memang aku lihat di beberapa foto di internet tergambar si a660 memiliki ikon-ikon menu persis seperti iphone yang pernah aku coba. Bentukan fisiknya juga keliatan sih agaknya terinsipirasi iphone. Jadi macam iphone ditambahin barisan keypad dibawah layarnya. Hehehe.
Balik ke v908, setelah menimbang-nimbang kelebihan a660 hanyalah bentuknya yang manis, gaya touchscreen ala iphone dan java-nya yang kata orang forum lebih powerful daripada k-touch lain sebelumnya, aku jadi ragu. Toh v908 juga support java, mana ada tv-nya lagi. Kelebihan hape-hape china ini kan memang di tv-nya. Jadi ya udah akhirnya aku beralih target ke k-touch v908. Waktu memegang-megang dummy-nya pertama kali sempat ill feel juga, terutama pada keypad-nya yang nyeleneh (posisi tombol-tombol angkanya yang miring, mana tombol navigasinya bukan di tengah atas tapi disebelah kanan barisan tombol angka.) Tapi aku agak terhibur melihat layarnya yang lebar nan lega. Sempat ragu lagi saat sudah berada di depan toko dan si mbak penjaga toko bilang v908 yang tersedia hanyalah yang berwarna hitam. Tapi ya sutralah secara di toko itu (langganan nih di roximas, hehehe…) harganya cukup murah tanpa harus susah-susah nawar. Lagian dah sering beli hape di situ en kayaknya gak perna ada masalah. Melihat benda aslinya aku sungguh terpana melihat layarnya. Hehehe. Iya sih emang masi di bawah hp ipaq tapi ya emang kelasnya aja beda gituloh…jadi ya jangan dibandingin. Touch screen-nya lumayan juga reaksinya gak lemot kalo buat ngetik pake keyboard virtual. Kalo pake handwriting recognition emang gak gitu cepet en beberapa huruf juga suka ngaco, tapi kayaknya sih ini cuman masalah kebiasaan aja. Tv-nya juga cukup oke penangkapan gambarnya. Di dalam ruang (di kantor di kebayoran baru, di rumah di daerah ugm jogja) tanpa narik keluar antena juga masi dapet gambar lumayan. Kalo di kost-an di tebet emang daerah sial kali ya secara tivi rumah aja suka burem banget. Kamera sih biasa aja, kalo gak mau dibilang parah, terutama kalo lagi di dalem ruang ato kondisi cahaya kurang (meski ada flash tetep gak ketolong, flah-nya malah agak-agak merusak). Kalo buat poto di suasana terang cerah si masi lumayanlah. Suara speaker lumayan dari segi kencengnya volume, tapi kalo kualitas suara si agak kurang ya. Untuk suara manusia/penyanyinya sih emang jernih tapi suara lainnya agak nyampur gak karuan. Equalizer di setel ke bass aja gak begitu menolong kayaknya. Sialnya lagi earphone bawaannya kurang mendukung alias kurang nyaman di kuping. Jadi yah pengalaman musikal yang disajikan hape ini sih biasa aja walo gak bisa dibilang jelek. Radio Fm ada en bisa dinyalain tanpa nyolok handsfree seperti biasanya radio di hape.
Menu-nya sendiri sih kayaknya tipikal hape china ya. Sempet binun juga mencari letak berbagai fungsi di menunya. Tapi lama-lama ngerti juga sih logika pengaturan menunya. Beberapa terasa agak merepotkan seperti masalah ringtone. Dari koleksi file musik yang kita punya harus di forward dulu ke user profile baru bisa dipilih sebagai ringtone. Itu pun kita cuman dikasi 5 slot untuk nada dering pribadi. Parahnya lagi nada dering bawaannya yang seabrek itu menurutku pribadi sih jelek-jelek (baca : norak abis. Hehehe). File manager bawaanya juga kurang begitu enak untuk me-manage file. Kekurangan tergawat file manager ini adalah gak bisa nge-mark (menandain) beberapa file untuk di pindah, dikopi, di delete dsb. Jadi kalo mau ngapa-ngapain musti dilakukan satu persatu per file.
Nah, sekarang giliran fitur paling penting (buatku) yaitu JAVA!
Saat membelinya, masih di depan tokonya, aku langsung mentransfer ymtiny.jar dari nokiyemku ke v908. Itung-itung sekalian nyoba bluetoothnya. Di v908, ymtiny.jar itu masuk ke folder received. Dari file manager langsung disorot, trus klik option ada pilihan install (lega banget waktu aku baca pilihan install ini bener-bener ada. Hehehe). Menginstall ymtiny sih lumayan cepet. Bukanya juga lumayan cepet. Dan juga gak ada masalah dengan koneksinya. Aku langsung bisa online YM saat itu juga. Yah, untungnya untuk install beberapa aplikasi yang penting macam operamini, shmessenger, minicommander sih oke-oke aja dan bisa jalan dengan lumayan baik meski untuk loading awalnya emang agak lelet. Operamini-nya juga tetep bisa nge-save page di memory card dan minicommander juga bisa browsing folder-folder dengan lancar (berarti support jsr75 kah?). Tapi untuk game memang terasa bannget dia rewelnya. Game agak gedean dikit lelet banget ato malah gak bisa jalan sama sekali. Aplikasi juga begitu. Aplikasi gede macam kamus inggris-indonesia dan morange nggak bisa jalan lancar (kamusnya entah kenapa ngaco tiap kali meng-input kata yang mau dicari, sementara morange loading luama buanget). Tapi anehnya alkitab yang besarnya 1.5MB bisa jalan normal. Nggak tau kenapa bisa gitu. Tapi emang beberapa aplikasi yang perlu menginput sesuatu suka ngaco di saat input-nya.
Tapi kesan secara umum tentang ponsel ini sih lumayanlah. Yang masih jadi pertanyaan sekarang sih masalah keawetan dan ketahanannya. Tapi tentang ini hanya waktu yang bisa menjawabnya. Hehehe.

3 thoughts on “K-touch v908

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s