(lagi) ym-an di hape (july 2008)


Hanya dalam waktu beberapa bulan aja, perkembangan aplikasi untuk ber-chatting ria, utamanya via yahoo messenger, udah tambah cukup banyak.
Ada beberapa aplikasi baru, ada yang cuman sekedar update aplikasi lawas yang menambah fitur. Kebetulan sekarang gw pake hape yang ber-os symbian 3rd edition fp 1, jadi sekarang selaen aplikasi messenger j2me aku juga bisa install aplikasi symbian yang sesuai. Langsung aja deh, berikut ini beberapa aplikasi untuk ber-ym ria di ponsel yang aku install di hapeku sekarang berikut sedikit review-nya :

1. IM+ – aku pake yang versi symbian (dulu kayana perna liat versi java-nya). Sempat bermasalah waktu instal versi-versi sebelumnya alias gak bisa konek sama sekali. Baru setelah install versi 7.12 bisa konek, tapi kadang suka putus sendiri. Terus kalo udah abis login terus logout mau login lagi seringnya gak bisa (tapi masalah ini sepertinya disebabkan oleh kartu sim yang pake yang super dodols buanget. yah, you know lah apa itu. gak pelu disebutin lagih). IM+ ini sebetulnya juga support chat laen kayak msn, icq, dll selain ym tapi gak perna gw pake.
Kamu bisa nulis custom status message apa aja kayak di ym beneran (baca : di pc). Ada broadcast message (gak perna dicoba). Ada pilihan zoom tampilan dialog dan contact list. Bisa untuk transfer file juga. Bisa pilih custom message alert. Ada setting lamanya waktu untuk auto away (biar kalo messenger ini agak lama ditinggal bisa otomatis idle sendiri kaya di ym beneran). Ada setting untuk menyimpan history percakapan yang udah dilakukan. History-nya juga bisa di export en di save tentunya (berguna untuk yang suka mengenang2 percakapan. ahahah). Secara umum si penggunaannya cukup gampang, fiturnya juga lumayan. Kekurangannya paling cuman belum bisa liat photo id. Terus pilihannya emoticonnya cuman dikit n gambarnya gak standar alias bawaannya sendiri.

2. Slick – pake yang symbian juga (kalo ini sih gak yakin ada versi java-nya). Seperti juga IM+ suka bermasalah juga dalam hal login ulang. Tapi lagi-lagi aku yakin permasalahan ini terletak di kartu sim ku nan keparat. Slick ini juga support chat via icq, gtalk, etc. Custom status message ada. Bisa mengatur sorting contact list berdasar nama atau waktu. Auto away/auto idle ada. Custom message alert ada. Pengaturan history juga ada. Besar font UI maupun di windows dialog juga bisa diatur. Ada pilihan untuk auto connect dan auto reconnect (jadi kalo mendadak putus karena jaringan internet down bisa langsung otomatis mencoba konek lagi tanpa disuruh. Hehehe. Tapi fitur ini gak gitu ngefek kalo dipake dengan kartu sim keparat macam punyaku. Hahaha). Ada juga pengaturan warna tampilan aplikasi. Terus ada data counter untuk melihat berapa kb pemakaian data internet kita. Seperti juga IM+ smiley di slick ini juga kurang banyak. Tapi untungnya emoticon di slick ini standar alias sama kayak di ym beneran dan bener-bener teranimasi nggak diem kayak di kebanyakan aplikasi ym hape lainnya.

3. YMtiny – adanya versi java doang (kayaknya). Dah pernah dibahas sebelumnya, tapi sekarang pake versi 1.32 ada beberapa fitur baru. Yang jelas penggunaannya cukup mudah en gak ribet. Simpel tapi fungsional. Cuman ya emang jangan dibandingin ma 2 aplikasi di atas. Smiley-na standar en cukup lengkap meski gak teranimasi. Bisa pake font bawaan dia atau font default-na hape. Custom status message ada. Sayang belum bisa save history. Tapi kekurangan yang cukup menyebalkan buatku sih gak adanya auto idle yang bikin aku seakan-akan available dan mantengin ym terus padahal aku udah lupa kalo lagi nyalain ym di hape. Hehehe.

4. EBuddy – Aplikasi java juga. Harus daftar dulu tapi gratis. Cuman bikin agak ribet kalo login harus login dulu ke ebuddy-nya baru ke yahoo, jadi kayaknya agak lamaan dikit. Dah gitu kalo yahoo-nya gak di setting auto login yang berarti harus login manual lagih. Tapi begitu dah login sih penggunaannya cukup gampang. Smiley-na lumayan banyak. Bisa set dan liat photo id. Custom message status ada. Sayang ebuddy ini terasa agak berat dijalankan di 6120c-ku. Kadang kalo sedang di minimize lalu aku buka aplikasi lain, si ebuddy ini otomatis nutup sendiri. Jadi sering banget aku mengira masih online padahal nggak.

Selaen 4 aplikasi yang sering aku pake di atas, aku juga meng-install mhub(harus daftar tapi gratis, nggak gitu asik), talkonaut versi symbian (kebanyakan maunya jadi ribet, koneksi gak stabil, kudu daftar juga), mig33 (daftar dulu, gak gitu asik buat ym-an), trus palringo versi symbian(daftar juga, gampang konek tapi tampilan payah, agak nggak user friendly alias mbingungin).

9 thoughts on “(lagi) ym-an di hape (july 2008)

  1. kalo gw pake Yamee. cari aja di getjar.com. Buat gw yang make nokia 2626, yamee is the best dari semua yang udah gw install. kalo mau yang mirip ebuddy ada mfarhanonline (m farhan online) cari juga di getjar. mirip bgt ama ebuddy. gw juga install ini karena ebuddy ga bisa di hp gw (memorinya terbatas bgt bos). tapi gw masih lebih prefer yamee sih, lebih cepet loadingnya tapi filenya lebih gede. sekian aja. regards.

  2. oya baru2 ini aku cobain movamessenger versi java-nya. lumayan jg bwt di ktouch ku yg gak bisa diinstal aplikasi yg berat2. meski java, tp mova ini udah ada auto away nya. tampilanny jg menarik dgn skin yg bisa diganti2. custom status message ada. lumayan deh pokona

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s