nokia 6120classic


Waktu pertama melihat wujud 6120c tak terbayang dalam benak bahwa mahluk mungil ini, yang sepertinya nggak ada bedanya dengan handset kelas menengah lain, adalah sebuah smartphone dengan operating system symbian. Bentuknya sama sekali nggak mengesankan. Apalagi waktu saya pertama meminjam milik abang saya, yang saya lihat adalah sebuah handset hitam dengan lis krom yang kucil dan tidak mengesankan perwujudan sebuah smartphone. Apa bedanya dengan 3110c yang saya miliki? Besarannya aja mirip-mirip. Tapi begitu melihat dalemannya….wheew. Rasanya seperti bertemu kawan lama. Mirip dengan e50ku tersayang dulu (ya jelas kali ya wong versi symbiannya sama walo mungkin beda tingkat) . Cuman kali ini layarnya lebih tajam dengan 16juta warna, masih dengan resolusi 240x320pixels. Ketika akhirnya gw beli 6120c-ku sendiri aku pilih yang berbodi putih, juga dengan lis warna krom. Kalo menurutku pribadi sih lebih lucu yang putih daripada yang hitam (sori mas Roni, nggak maksud nyindir punyamu lhooo…hehehe) . Cuman sayang bodinya yang putih susu ini agak terlalu licin saat dipegang.
Kembali ke masalah daleman, sepertinya navigasi dalam menu dan aplikasi nggak selemot pada e50 dulu. Yah maklum, kecepatan prosesorna beda…hehehe. Lalu 6120c ini udah support jaringan 3G dan 3.5G. Ada kamera depan untuk video call (bisa juga buat ber-narsis-ria foto2 diri, my fave hehehe). Kamera utamanya 2mp, tapi hasil kualitasnya biasa aja meski ada flashnya. Kalo untuk kondisi indoor dengan jarak cukup dekat sih kadang flash masi bisa membantu. Tapi begitu jauh dikit, bubar deh.
Tapi waktu menjelajah lebih dalam menu-menunya, gw sempet agak kaget juga. Aplikasi bawaan yang ditanamkan di dalamnya minimalis banged. Aplikasi untuk membuka dan mengompres dengan zip nggak ada. Aplikasi search nggak ada. Yang paling parah antivirus juga nggak ada!
F-secure harus di donwload dulu dari aplikasi download bawaan, itupun dapetnya yang versi free evaluation. Untungnya gw masi punya simpenan aplikasi2 symbian 3rd ed-nya e50 dulu. kebanyakan masih bisa dijalankan di 6120c (meski harus dengan bolak balik mengganti settingan tanggal di handset, hihihi). Dan seperti biasa kalo punya hape baru, aku juga langsung mendownload berbagai aplikasi baru untuk hapeku. Kini lebih banyak pilihan karena nggak hanya aplikasi dan games java aja (terus terang aku malah nggak begitu suka aplikasi java pada hape symbian, apalagi aplikasi yang perlu mengakses file internal dalam hape, karena sering terbentur masalah perijinan[kayakna masalah jsr75 nya yah?atao karena nggak ada certificate-nya kali?]. Misal file explorer berbasis java-> tiap kali mau buka folder/file ditanya dulu kasi ijin nggak…haduhhh pokonya ribet deh). Yah gitu deh, gw juga nggak begitu tau kenapa (hehehe), pokonya kalo di hape berbasis symbian kayana tetep enakan pake aplikasinya yg symbian. Kalo game atau aplikasi yang gak perlu akses file si gapapa pake java.
Yah, kesimpulannya sih gw cukup puas pake 6120c. Cukup worthed lah ma harganya. Setelah abis pake hape yang cuman bisa java doang, kembali lagi ke hape berbasis symbian rasanya enak bangets. Hihihih. Seperti kembali duduk di sofa yang empuk. Meski kadang masih suka waswas juga masalah nge-hang apa nggak ya. Tapi kayaknya si 6120c ini jauh lebih stabil daripada e50ku dulu yang langganan lemots tralala. Semoga aja tahan lama.

11 thoughts on “nokia 6120classic

  1. aku juga menggunakan Nokia 6120classic. HP yang aku beli 6 bulan silam memang penuh kejutan. Memang sih pertama mau ganti HP ku cari yang support OFFICE APPS dan web browsing yang cepat biar bisa bantu kalau2 ada hambatan dalam belajar. Dengan bgt ku bisa cari informasi without rental internet.
    Pilihan pertamaku jatuh pada Nokia 9500, 9300 dan 9300i yang sudah dikategorikan COMMUNICATOR. But, setelah baca di salah satu tabloid HP ku jadi tertarik pada 6120C yang di deskripsinya terdapat embel2 OFFICE APPLICATION. Ya………. jadilah ku beli.

    Setelah ku coba browsing lumayan cepatlah walau sedikit lemot saat di share dengan E51 dengan operator sama. Mungkin masalah pulsanya kali yeee……..
    Saat itu pulsaku ga nyampek 1500 sedangkan sang lawan di atas 10.000

    Tapi dengan mampunya 6120C menyimpan data PDF, qw dah cukup puas

    Aku punya pertanyaan nih, yang bisa tolong share ma qw ya…

    Bisa ga 6120C nyimpan data HTML, xHTML dan halaman web trus di transfer ke PC?
    Caranya?
    Format obml tu pa?

  2. obml tu kalo gak salah format saved pages nya opera mini 4.1 ya…sebetulnya kalo browser bawaan 6120 si bisa save pages juga ya..cuman nggak tau nyimpennya dimana en dalam bentuk file apa….mungkin pembaca laen ada yang tau???

  3. Allow.. Bs bantu gw g? Mo tanya, knapa ya, 6120c pthku tiap mo akses intrnt baru loading bentar lsg otomatis restart? trus huruf yg muncul g pernah sempurna, slalu ada yg kotak2..
    Mksi..

  4. Buat gue kinerja 6120c terbilang sangat bagus untuk
    kelas di kisaran harga 2jt an.bentuk biasa saja ga terkesan bahwa “dia”salah satu yang terbaik.Mungkin lebih tepatnya “air tenang menghanyutkan”mmm….cool.
    Awalnya gue tertari dg 5310 xpss music,setelah di meja counter munculah 2 pilihan yang sempat membuat bingung,tapi,begitu melihat dg seksama (6120c) dan dg pertimbangan kebutuhan maka 6120c lah yang menjadi jodohku.begitu banyak yang buat gw terkejut setelah segel box dibuka,semua elegan buat gw.setelah sehari menggunakannya ini malah lebih ga di sangka2.Maka beruntunglah kita yang sudah bersama 6120c.dia bisa ikutin apa yang kita butuhkan dari mulai telp,sms,video call,email,theme sesuai yg di inginkan,sampai web via hp pun bisa,atau jadi modem…Top!!.
    Buat gue dia udah jadi teman akrab di keseharian gw.Gw ga akan kasi tau bagai mana “sahabat”gw ini bekerja tapi,gw cuma bisa bilang ,The best Friend For 6120c…
    Tips,pinter2deh kasi aplikasi yang baik dan seperlunya,sisakan memori telp.dlm ruang yang besar(15mb)agar jalannya tetap mulus.kira2 applikasi apa yang bisa membantu proses hub.kerja si hp ya disimpan di hape aja,sisanya lempar ke MC.Pokoknya pinter2milih dan kegunaanya dan simpan ditempat yang sesuai.
    Thanks…

  5. Sepri agung,
    Setting email seperti itu gw kira agak susah walau kita udah wizzard..soalnya kita harus ngambil pesan kita di kotak surat jauh kita dan ga semudah masuk seperti sms,itu juga tergantung layanan operator.
    Mending Download aplikasi yahoo!go aja gw kira itu sudah terwakilkan jika mau ber email ria.
    Selamat mencoba…
    Thanks…

  6. Kalo email client di 6120c gw lebih suka pake profimail..kalo mw yg email nya bisa nongol2 kek blackberry bisa cobain pake emoze ato seven…hehe..

  7. bagi menjawap pertanyaan bipi,
    kalau masalah keluar kotak-kotak itu maksudnya kamu perlu kebahagian seting n tukarkan bahasanya kebahasa english/inggeris kerana dia ngak bisa baca bahasa indon @lainnya…ok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s