ym-an di hape


Sebetulnya topik ini udah pernah dibahas secara sekilas di postingan ‘aplikasi java buat hape’ tapi di sini akan lebih fokus ngebahas aplikasi untuk messenger, terutama di yahoo. Sebenarnya tanpa install aplikasi pun, di kebanyakan hape yang support gprs dan wap bisa juga ber-ym-an ria melalui versi mobile nya yahoo. Buka yahoo.com/mobile atau m.yahoo.com. Nanti ada pilihan messenger, tinggal buka itu dan sign in. Tapi chatting dengan cara ini agak mengesalkan. Selain tampilan yg nggak asik kita juga harus me-refresh tiap kali agar visa tahu apa ada message baru ato nggak. Ribet deh pokonya. Palagi kalo hapenya emang pada dasarnya lelet koneksinya. Yang ada malah jadi bete berat!

Beberapa merk hape tertentu menyertakan fitur IM(wireless village) di messaging-nya(di SE namanya my friends. Untuk bisa menggunakan harus daptar dulu ke penyedia layanan wireless village, antara lain yamigo. Tinggal masuk ke yamigo.com dan mendaftar, bikin akun disitu. Gratis kok. nanti di hape tinggal mensetting sesuai akun yg udah dibuat tadi.
Username : diisi user name di yamigo
Domain : kosongin atao yamigo.com
password : password akun yamigo
Server : http://yamigo.com/wv/control
internet profile : sesuaikan dengan kartu sim yang dipake

Untuk beberapa nokia yang agak baru (misalnya 3110classic) sudah lebih beruntung lagi karena IM nya bisa langsung nyambung ke yahoo tanpa lewat perantara macam yamigo. Udah gitu messenger bawaan nokia ini bisa berjalan di bakcground lagi. Cukup menyenangkan karena rata-rata nokia yang berbasis S40 ini belum mendukung jalannya aplikasi java di background macam hape-hape SE baru. TInggal masukin user id dan password yahoo. Udah. Cukup praktis. Tapi sayang IM ini cuman mendukung smiley bawaan nokia aja. Smiley di luar itu berantakan smua.

Cara berikutnya ya dengan instal aplikasi java. Meski banyak aplikasi bermunculan tapi favorit saya tetap SHmessenger. Sayang harus bikin akun dulu di shmessenger.ro. tapi seperti biasa : gratis. Hehehe. Untuk download aplikasinya bisa di shmessenger.ro/wap. Tampilan shmessenger lumayan menarik. Smileynya cukup lengkap. Kayaknya si sama kayak di yahoo beneran. Bisa ganti-ganti tampilan melalui fitur skin. Navigasi dan menunya cepet dan gampang dimengerti. Bisa pasang/ganti-ganti user image. View image icon user lain juga bisa. Bisa ganti-ganti status semaunya. POkonya cukup lengkap deh. Hehehe.

Aplikasi berikutnya adalah YMtiny. Untuk memulainya lebih praktis karena gak perlu daftar apapun. Tinggal mengisi user id dan password yahoo di halaman awal. Tampilannya biasa aja. Navigasi juga mudah. Tapi soal smiley masih kalah lengkap dari shmessenger. Bisa ganti-ganti status juga cuman entah kenapa status custom itu suka nggak langsung terlihat. Udah gitu di SE k610i saya dengan kartu IM3 sering banget gagal login. Secara keseluruhan sih masih dibawah SHmessenger deh. Kelebihan si ymtiny ini adalah (kayaknya) dia nggak ngabisin RAM sebanyak shmessenger, jadi bisa diinstal di hape-hape bermemori kucil(dan pastinya ram-nya juga) (contohnya nokia 2626, hehehe).

Lalu ada MIG33. Sebetulnya awal gw mengenal aplikasi buat chatting ya dari mig ini. Apalagi dulu kan nggak ada pilihan lain. Tapi sekarang sih saya nggak terlalu suka pake mig33.
Selain agak ribet, pemakaiannya juga nggak gitu asik. Mungkin karena mig33 ini sebenernya kan juga menyediakan layanan berbayar yaitu sms dan telpon international. Kebanyakan menu yang nggak perlu. Udah gitu buka-buka menu juga kadang pake loading segala. Mana suka mendadak putus sendiri nggak jelas gitu. Yang jelas daftar dulu (dan kalo nggak salah kudu nunggu sms balesan dari mig yang ada link buat download). Kelebihannya disini dari chatroom nya si mig bisa bikin atau masuk ke room-room yang ada.

Morange. sebetulnya morange ini sih serba ada. Ada email client, rss reader, messenger dan beberapa layanan lain.
Messenger-nya tampilannya nggak begitu asik. Cenderung plain gitu ya. Ini juga perlu daftar dulu.

EQO. Harus daftar juga. Ada layanan (berbayar kayaknya) untuk telpon dan sms juga kayak mig. Aplikasinya bisa didownload dari getjar atau dari sitenya langsung. Untuk lebih jelasnya liat aja di http://www.eqo.com. Nggak terlalu menarik tampilannya. Ngga ada smiley. selain yahoo juga ada gtalk, msn, aim, icq dll.

Ebuddy beta. Cukup gampang dan tampilannya cukup menarik meski simple, sayang navigasinya terkesan lambat. Smileynya juga cuman dikit dan bentuknya nggak standar, jadi bingung. Info lebih jelas dan download buka http://www.ebuddy.com.

Sebenernya masi ada beberapa aplikasi messenger laen, tapi rata-rata antara saking nggak menariknya atau saking keseringan gagal koneknya jadi males mau nyebutin. Hehehe.

21 thoughts on “ym-an di hape

  1. Mas aq mau tanya kalao hp nokia 2626 bisa pake shmesengger ga cz aq dah bosen sama aplikasi yang laen aplagi aq benci banget sama mig33 npa x suka dc trus.pdhl pas wktu itu aq pke hp 7610.oy aq mau tanya sekelailagi pke shmesengger bisa ga?nokia 2626
    tnks sblm x

  2. @ ipank : kayana sih gak kuat ya pake shmessenger..tapi kalo pake ymtiny bisa….ymtiny lumayan kok

    @ ira : LG itu support java gak? kalo iya sih mustina bisa….

  3. Halo mas,

    numpang tanya, aku kan udh daftar di shmessenger, trus juga udh download shmessenger di HP, tapi kenapa ngk bisa log in ya waktu mau dipake?
    hp ku seri nokia E51

    thx

  4. Euh, yakin gak sala masukin password? Oya, daptar shmessengerna dah diaktifasi blm? Kalo udah n gak bisa jg coba utik2 setting koneksi shmessenger na. Kan ada pilihan http,wap dan wap proxy. Nah coba aja diganti2 mana yg bisa. Di nokia 6120 ku yg os-na kykna sama ma e51 si aku biasa pili yg wap. Pk yg http suka gk bisa. Oya,kartu sim jg ngefek bgt tuh. Bbrp memang terkenal dodol alias susa konek

  5. @ silvia :
    -buka shmessenger.ro, daftar disitu
    -download file .jar shmessenger-nya, bisa dari site di atas atau dari shmessenger.ro/wap. Jangan lupa pilih yg sesuai dg tipe hapemu.
    -instal .jar na di hape(kalo download dari hape biasana otomatis terinstal
    -jalanin aplikasi shmessenger

  6. Mas hp q nokia 2626 dah bs instal ymtiny tp g bs dgnkan tlg ksh tw crna coz q dah cape nyari2 info tp g ktmu kl bs smpai sedetail2 na n tlg sgr dbls tq.

  7. Om, Kalau mau mengupgrade Nokia 5070 caranya bagaimana ? . Bisa enggak ganti software dari nokia 5070 diisi software lain misal software nokia 6080 ?

  8. Mas aku mo tanya, tolong jawab ke emailku ya, please…. Aku pake nokia 2626 kartu m3, aku ko gak pernah bisa make sofwr chat ya padahal dah banyak yg ku instal tp tetep aja ga bisa. Biasaoya ada keterangan gioi “berlangganan dulu ke paket data”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s