motorola slvr L7


Dari siemens kembali ke motorola.
Setelah beberapa lama bertahan dengan ‘si kepala peyang’, akhirnya aku tergoda oleh kemolekan si langsing motorola slvr L7. Sebenarnya dari segi fitur tidak jauh berbeda dari siemens cx75. Dalam beberapa hal malah kalah, seperti kamera yang masih vga dan akses file internal oleh aplikasi java. Keunggulan L7 yang terlihat dalam daftar komparasi hanyalah layarnya yang ber resolusi 176×220 dan tentu saja bentuknya yang tipis dan sexy. Namun saya ingat saat akan ‘menukar tambahkan’ cx75 dengan L7, ketika dibandingkan suara ketika melantunkan ringtone terlihat jelas keunggulan motorola. Suara cx75 begitu cempreng tanpa bass. L7 walau tidak ber speaker ganda layaknya e398, cukup mampu menyuarakan file-file audio dengan baik. Lalu dalam hal kamera,siemens cx75 yang berkamera 1,3megapixel tidak mampu menunjukkan hasil foto yang lebih baik daripada L7, sering bahkan terlihat lebih baik hasil tangkapan kamera L7, setidaknya yang terlihat di layar viewfinder.
Sebenarnya secara ‘daleman’nya, tidak ada perbedaan yang mencolok dari L7 dengan motorola e398. Kalaupun ada perbedaan yang terasa itu terutama disebabkan oleh tampilan layar L7 yang tampak begitu memukau(pada masanya tentu saja). Layar yang bagus ini sangat membantu dalam meningkatkan kesan kinerja kameranya yang sebenarnya biasa-biasa saja(masih vga gituloh),karena hasil jepretan kameranya jadi terlihat kinclong di layarnya(padahal saat dibandingkan di pc tentu saja hasil jepretan cx75 masih menang dalam menampilkan detil-detil meski kadang warnanya terlalu pucat).
Dalam hal pemutar musik juga masih seperti yang terdapat di dalam motorola e398. Pemutar musik berbasis java nya tidak bisa diputar di background, walau kini proses loading nya tidak se lemot di e398. Untuk memutar musik di background tinggal gunakan folder audio di gallery nya.
Tapi apakah hanya itu kelebihan si cantik ini?
Nanti dulu, L7 versi amerika yang di bundle oleh operator tertentu ber fitur kan iTunes seperti layaknya motorola ROKR e1. Tapi yang masuk ke indonesia tentu saja tidak, seperti juga yang masuk ke negara-negara lain. Tapi apakah lalu para MOTOLOVERS menyerah begitu saja? ya nggak lah. Wong e398 yang secara teori(dan praktek) lebih susah aja bisa mereka sulap jadi bagaikan e1 yang ber iTunes. Untuk L7 ini proses instalasi iTunes nya tidak begitu sulit. Hampir sama seperti menginstal aplikasi java pada umumnya. Yang agak ribet hanyalah membuat shortcut untuk menampilkan menu iTunes. Walau begitu prosesnya amat sangat jauh lebih sederhana daripada proses penyulapan e398 menjadi e1 yang sampai memerlukan flashing firmware. Toh saya sempat ketir-ketir juga waktu mengutik-ngutiknya. Tapi kesulitan yang saya hadapi sebenarnya lebih dikarenakan saya belum menemukan versi iTunes yang cocok(dan berbahasa inggris! karena kebanyakan dalam bahasa rusia). Adanya iTunes jadi-jadian di dalamnya membuat L7 jadi makin berdaya karena fitur yang dibawa bukan sekedar pemutar musik, tapi juga file explorer,text editor, voice recorder, contact back up to memory card, dan beberapa lainnya yang saya sudah lupa. Saya jadi tidak kepingin lagi dengan iPod nano yang juga langsing itu. Toh L7 saya lebih sexy, ber iTunes, dan bisa buat telpon pula!
Tapi dalam hal akses file internal oleh aplikasi java motorola tetap kalah dengan siemens, motorola baru bisa melakukannya dengan bantuan motomidman yang berarti kita selalu tergantung keberadaan PC untuk menginstal java applications yang membutuhkan akses file internal.

26 thoughts on “motorola slvr L7

  1. bos tolongin kita dong..
    gimana cara mengaktifkan GPRS dan MMS di Motorola SLVR L7 dan bagaimana bentuk setingan yang harus dilakukan diponsel tersebut..
    terimakasih

  2. Seingat saya si dulu L7 saya sudah ada settingan gprs dan mms untuk berbagai operator indonesia. Tinggal anda pilih mana yang sesuai dengan kartu kamu. Bisa dilihat di web access>websession.
    Misalnya belum ada settingan yang sesuai dengan kartu sim kamu coba bikin websession secara manual. untuk petunjuknya bisa dlihat di blog ini juga di kategori setting gprs dan mms.

  3. Mas, lha cara instalnya sampai nampilin shorcutnya gimana ??? saya sudah punya yang dibutuhkan spt : itunes, motomidman, mototunes, dan seem mma-ucpc 0005–0002nya……tapi urutan dan cara instal sampai keluar shorcutnya gimana ??? Tolongin ya mas. Thanks

  4. thanks boss dah berhasil. tp waktu utak atik itunesnya…versi Revolution! eee…phonebook hilang semua. hiks.hiks. untuk dah tak backup. dan ringtone alertnya kadang ga bunyi? bingung aku mas. Klo mau download software L7 alamtnya tau nggak mas? soalnya ada file dimemori hpnya kedelete. sori nanya terus! hehehe.

  5. mas tahu nggak cara seting gmail n ymail di SLVR L7? sebenernya dihp udah tak seting dg benar, tp seting POP3 diemailnya (gmail n ymail) sendiri gmn? udah tak enable sih POP3nya tp pas tak tes dihp unsuccessfull 56 kb sent.

  6. Ini masudnya pk email clientny hp apa aplikasi gmail? Klo ntuk gmail enakan pke aplikasi java gmail. Tinggal instal aplikasi,jalanin,masukin user id n password. Udah. Donlod d gmail.com/app. Kalo yahoo gak bisa jg coba cek port incoming n outgoing-nya.

  7. Hy… kU m0 nAnya nich, motorola L7 tW bgs gA sih? kaTa teMen2 ku nIh, pr0dukx motorola gampang rusak, terutama pada bagian keypad? bener gA? Di L7 ada zoomnya ga saat kita lagi liat foto atau video? ada mini usb dan slot memory cardnya ga dalam paket pembelian? oia, kualitas suaranya jernih ga sih? aku tertrik nih mA ni hp. Sory yAw kalau kebanyakan nAnya… heheHe… ^_^

  8. toooloooooongg….
    MMS & GPRS MOTORALA L7 PUNYA aku bermasalah….aku pake kartu as….
    aku sudah ke gerai telkomsel n service motorola…….
    tapi ga bissssssa juga…kknapa yah?..setingan masih dlm asli singapore…mesti seting apa lagi….aku dah tlanjur cinta bgt AMA L7…….YG TAU SOLUSINYA PLIEEEESSS KASIH TAU …YAH…
    BY F: ANGIN…

  9. Tolongin aq dong. Keypad (geser kanan) HP L7ku tiba2 jalan sndiri. dbershin udah, dreflow jg udah, tp tetp. kra2 dr apanya ya? bntuin dong! tks

  10. Mas. Bntuin dong. Hp L6-KU LG NYEBELIN NI. KEYPAD (TOMBOL GESER KANAN) JALAN SENDIRI DAN SMUA TOMBOL G BERFUNGSI. DBERSHN UDAH. DREFLOW JG UDAH. SOLUSINYA DONG…

  11. Aku sdh cape setting wap/gprs telkomsel utk hp ku Motorola L7, dengan refernce isi paremetersnya dari banyak sumber, … tetap saja hasilnya “Browser setup is incomplete”. SMS ke Telkomsel jawabannya hanya berakhir dengan “Setting berikutnya akan dikirim sebentar lagi”, tidak ada kelanjutanya.

  12. aq dah cape setting gprs/mms im3 utk hpq Motorola L7, mana bahasa Malaysia lagi. cape dech…pusing minta ampun…ada gak settingan manualnya utk ngaktifin gprs & mms pada Motorola L7. klo ada tolong donx kirimin cara manual settingannya…soalnya ribet nyetting gak bisa2…

  13. untuk hp motorola yang bhs malaysia pengen jd bhs indonesia, bawa aja ke motorola service center biar di update driver yg cocok dengan sistem operasi di indonesia.. dijamin kalo mau gprs-an tinggal sesuaikan operator simcard kita pada web season.🙂

  14. Untuk seting wap ato mms ga usah make nama l7. Klo make nama l7 ga berhasil. Tested by me. Pake aja motorola e398. Ga masalah hpnya l7 tp qt pura2nya hpnya e398. Misalnya tk Xl ketik aja GPRS MOTOROLA E398 krm ke 9667. Pasti langsung berhasil. Bwt yg pnya blog qt jg bs bikin app java jadi full acces granting ke internal file tanpa kompter. Instal aja mediaviewer yg dh ada plugin motomidmannya Syaratnya app java harus diinstal di mmory telepon. Klo di mmry trans flash ga bs. Agar setiap kali nginstal app qt dkasih pilihan mo diinstal di hp apa di mmry card ubah aja value seem 0032_0001 offret 9F yg tdnya CC mjd C4. Ini sm aja dgn meng- unchek BIT 3. Mau tanya tentang moding motorola bs ngobrol ma sy ID YM UPRIECS. Atau http://www.modmymoto.com/forums/forumdisplay.php?f=6

  15. saya mau tanya nih teman teman,
    teman teman semua ada yang tau gak gimana cara update motorola slvr L7, lok ada yang tau kasih tau tutorialnya ya teman teman….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s