aplikasi blackberry


aplikasi untuk blackberry? saat saya membuka blackberry apps world rasa kecewa yg jelas menampar saya. isinya sedikit, itu pun kebanyakan berbayar. sebelum menggunakan bb, saya menggunakan ponsel ber-OS android yang aplikasi di android market nya bertaburan, kebanyakan gratis walau diselipi banner iklan di ujung atas atau bawah. ya, tentu saja kita bisa mencari aplikasi ‘gratisan’ di berbagai forum di internet, namun tunggu dulu. semudah itukah menambah aplikasi ke ponsel bb? kenyataan bahwa prosedur instalasi maupun menghapus aplikasi dari bb sedikit merepotkan membikin mood semakin turun. setiap kali sesudah menguninstall aplikasi ponsel akan meminta untuk melakukan restart. proses restart nya sendiri cukup memakan waktu. tapi mungkin juga ini hanya masalah kebiasaan saja. daripada membandingkan antar OS yg jelas tiada ujungnya, lebih baik
kita bahas aplikasi apa saja yang bisa kita install di ponsel bb (dalam hal ini saya menggunakan bb curve 8520).

1. aplikasi untuk twitter-an? karena saya termasuk hobiis nyampah di timeline twitter, maka satu aplikasi twitter yang bisa diandalkan adalah kebutuhan sangat mendesak bagi saya. hehehe. nah untuk bb, sepertinya ubersocial masih bisa dikatakan yang terbaik. selain fitur-fitur standar standar twitter, ada beberapa tambahan yang sering saya manfaatkan yaitu mute dan themes. saya sempat menggunakan twitter for blackberry, yang pada awalnya dapat berjalan cukup lancar, meski kecepatan dalam nge-post satu twit kalah jauh dengan ubersocial, namun setelah saya meng-upgrade twitter for bb menjadi versi 2, saya samasekali tidak bisa me-refresh timeline. selain 2 aplikasi di atas saya juga mencoba snaptu. sama seperti snaptu untuk ponsel pada umumnya, tampilan twitter yang simpel rapi memang menyenangkan bagi mata. kita juga bisa meng-upload foto namun musti langsung-jepret-lalu-upload. tidak bisa kita ambil foto dulu lalu dari snaptu kita browse foto yang
sudah diambil sebelumnya. kelebihan snaptu adalah dia bukan hanya aplikasi klien untuk twitter, namun jg facebook, rss feed reader dan lain sebagainya. melalui snaptu sangat mudah untuk berbagi artikel/berita ke twitter maupun facebook. namun snaptu di bb saya entah kenapa berjalan sedikit lemot. jauh bila dibandingkan dengan uber dalam hal me-refresh timeline maupun posting twit baru.

2. aplikasi untuk facebook? sepertinya selain facebook for bb, penantang yang cukup bisa dianggap (dan gratis) hanya snaptu. namun seperti halnya snaptu twitter, facebook snaptu juga hanya bisa meng-upload foto yang langsung kita ambil via snaptu, tak bisa foto yang sudah tersimpan di memory ponsel. sedangkan untuk facebook chat nya saya menggunakan aplikasi friendchat. aplikasi ini tersedia dalam 2 versi, yg gratis dan berbayar. versi gratisnya terkesan seadanya, namun cukup lah karena chat facebook juga tidak seintens chat di ym atau bbm.

3. aplikasi lain yang saya instal di bb saya antara lain :

  • cameramute : untuk menghilangkan suara kamera ketika mengambil gambar :p
  • unrar : untuk mengekstrak file2 rar
  • autotextbackup : untuk membuat backup autotext. berguna bagi 4L4y yg suka menambahi berbagai autotext aneh-aneh 🙂
  • screengrabber : aplikasi utk meng-capture isi layar bb
  • restartme : utk merestart tanpa cabut batere. ada yg bilang  tdk disarankan utk sering2 dipakai. entahlah :p
  • filemanagerpro : filemanager yg lebih ok daripada bawaan handset. bisa membuka file zip.
  • foursquare for bb : aplikasi klien foursquare. standar saja.
  • wordpress for bb : aplikasi klien utk mobileblogging di wordpress. cukup membantu yang sering ngeblog di wp.
  • photoeditor ultimate free: untuk mengedit foto di bb. versi free nya sangat terbatas fiturnya. tapi lumayan sekedar untuk mengedit sederhana.
  • cannon rats : game peniru angry birds. melontarkan tikus-tikus menggunakan canon untuk menghancurkan pasukan kucing.
  • whatsapp messenger : chat ala BBM multi OS
  • capture nux : alternatif utk screen capture
  • lenspresso : untuk mengedit foto dengan berbagai efek warna

demikian beberapa aplikasi bb yang saya sempat coba. nanti bila ada tambahan akan saya update 😀

2 pemikiran pada “aplikasi blackberry

  1. photoeditor ultimate free nya ada menu sbb :
    -rotate
    -color–>ada pilihan brightness,contrast,color filters
    -drawing–> ada pilihan partly color
    -resize
    -effects
    -combine
    -send

Tinggalkan komentar